“New Normal” Hidup Sehat Jadi Prioritas

new normal

akbara.ac.id, Surakarta – Pandemi Covid-19 memang membawa berbagai perubahan dalam hidup manusia. Mulai dari aktivitas seperti bekerja maupun kegiatan belajar yang dilakukan di rumah, sejumlah rencana yang akhirnya harus dibatalkan, hingga perubahan pola dan gaya hidup dengan lebih memprioritaskan kesehatan. Tentu, gaya hidup seperti ini harus dipertahankan, apalagi sekarang sudah  memasuki hidup new normalMemasuki fase new normal tentunya menuntut masyarakat untuk selalu hidup sehat dan bersih. Selain mengikuti protokol kesehatan seperti cuci tangan, pakai masker, dan jaga jarak, masyarakat juga harus menjaga daya tahan tubuhnya masing-masing.

Oleh karena itu, dengan adanya rencana pelonggaran PSBB, menurut masyarakat agar terus menerapkan kebiasaan baik yang sudah terbentuk selama pandemi berlangsung. Karena, selama belum ditemukannya vaksin atau antivirus Covid-19, kemungkinan manusia akan hidup berdampingan dengan virus ini, sama halnya dengan penyakit flu.

Baca juga : Plasma Darah Pada Penyintas Covid 19

Menginginkan tubuh yang sehat itu berarti harus menjaga pola makan yang sehat. Makanan yang bergizi akan meningkatkan imunitas tubuh untuk melawan berbagai penyakit. Dokter Spesialis Gizi Klinik dr. Diana Felecia Suganda, M.Kes, Sp.GK menjelaskan, asupan nutrisi yang tepat bisa didapatkan dengan pola makan gizi seimbang, yakni terpenuhinya kebutuhan makronutrien dan mikronutrien. Makronutrien merupakan zat gizi makro yang dibutuhkan tubuh dalam jumlah yang besar, terdiri dari karbohidrat, protein, dan lemak.

makanan sehat
ilustrasi makanan sehat 4 sehat 5 sempurna
vitamin c
ilustrasi makanan mengandung vitamin C

Pola hidup sehat dan bersih sebenarnya sudah dihimbau sejak lama, namun kebiasaan ini baru benar- benar diterapkan sejak pandemi Covid-19 terjadi.

Berikut ini pola hidup sehat dan bersih yang sebaiknya tetap kamu lakukan:

  1. Perbanyak asupan makanan bergizi. Dengan menerapkan pola makan sehat dan penuh nutrisi, kualitas kesehatan dan daya tahan tubuh sudah pasti ikut meningkat. Salah satu makanan yang baik untuk daya tahan tubuh adalah makanan kaya akan vitamin C dan vitamin B kompleks.
  2. Cukupi kebutuhan air putih. Minum paling tidak 8 gelas sehari dapat membantu tubuh jadi tidak mudah dehidrasi dan dapat meningkatkan kesehatan tubuh.
  3. Olahraga rutin. Memasuki new normal, sebaiknya tetap biasakan berolahraga sebelum melakukan aktivitas harian.
  4. Istirahat cukup. Tidur dapat membantu memaksimalkan metabolisme dan menjaga daya tahan tubuh. Usahakan untuk tidur minimal 7-8 jam setiap harinya.
  5. Bantu dengan multivitamin. Bantu tubuhmu memenuhi kebutuhan vitamin harian dengan mengonsumsi multivitamin secara rutin. Kamu dapat minum multivitamin yang mengandung vitamin C untuk bantu meningkatkan sistem imunitas dan jaga daya tahan tubuh.
  6. Gunakan masker ketika pergi keluar rumah. Gunakan masker kain ketika pergi ke tempat publik. Masker dapat mencegah penyebaran virus dengan melindungi bagian wajah dari droplets seseorang yang mengandung Covid-19.
  7. Terapkan physical distancing. Pastikan kamu tetap jaga jarak dan tidak melakukan kontak terlalu dekat dengan orang lain, kecuali memang diperlukan. Jangan lupa, untuk selalu menghindari kerumunan di tempat ramai.
  8. Cuci tangan rutin. Selalu cuci tangan dengan sabun dan air mengalir, terutama setelah menyentuh benda yang ada di ruang publik. Jika tidak ada wastafel atau toilet, gunakan hand sanitizer untuk membersihkan tangan.
  9. Bersihkan permukaan benda dengan disinfektan. Untuk benda atau barang yang sering kamu sentuh dan bawa keluar rumah, bisa dibersihkan dengan disinfektan secara rutin. Misal, bersihkan handphone, dompet, atau kantong belanjaan yang sering kamu gunakan.
  10. Selalu berdo’a dalam setiap kegiatan yang kita kerjakan diamanapun & kapanpun.

(NH.Laili)

Referensi:

www.cnnindonesia.com ›

www.enervon.co.id 

www.kompas.com

www.health.detik.com

www.avrist.com www.mediaindonesia.com

One Reply to ““New Normal” Hidup Sehat Jadi Prioritas”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *