Tips Menentukan Topik Tulisan dalam Karya Ilmiah ataupun Artikel

mencari topik

akbara.ac.id, Surakarta – Menulis sebuah artikel atau karya ilmiah, hal pertama yang harus ditentukan adalah topik. Topik yang ditentukan pertama kali biasanya masih bersifat sangat luas dan masih umum. 

cari di google
Gambar 1: Contoh penelusuran topik melalui search engine Google, dengan kata kunci “Plasma Darah”, bentuk file yang diinginkan adalah .pdf

Setelah menentukan topik kita dapat menggambarkan masalah yang dimaksud dengan lebih jelas dan fokus. Maka dari itu topik yang dikembangkan harus dibatasi ruang lingkupnya agar tetap relevan dengan masalah yang dimaksud. Salah satu cara untuk mengembangkan topik adalah dengan brainstorming atau curah gagasan, yaitu teknik mengembangkan dan mengumpulkan ide-ide atau konsep yang berkaitan dengan topik. Brainstorming dapat dilakukan dengan berdiskusi dengan teman-teman, bertanya dan berdiskusi dengan pakar yang ahli dibidang subjek topik, mencari dan membaca berbagai literatur.

Mengembangkan topik juga dapat dilakukan dengan beberapa cara berikut ini:

  1. Mencari aspek yang terkait pada topik,
  2. Mencari sinonim dari topik yang diinginkan,
  3. Mencari arti yang berhubungan dengan topik,
  4. Mencari arti yang lebih luas atau lebih sempit dari topik,
  5. Perubahan kata dasar,
  6. Istilah ilmiah dan sebagainya.

Selain cara tersebut di atas, mengembangkan topik dapat juga dengan menggunakan sumber informasi seperti kamus, ensiklopedi, tesaurus, buku teks, buku pedoman, dan lain-lain.

Contoh penggunaan daftar tajuk subjek
Gambar 2: Contoh penggunaan daftar tajuk subjek di bidang kedokteran dengan menggunakan https://meshb.nlm.nih.gov/. Kata kunci yang ingin dicari adalah “blood plasma” dengan ketentuan yang dipilih adalah “Main Heading

Pada database online juga terdapat beberapa fasilitas yang dapat diterapkan untuk mengembangkan topik yang sesuai dengan bidang subyek yang menjadi cakupannya. 

Hasil pencarian
Gambar 3: Hasil pencarian dari “blood plasma”

Untuk menentukan kata-kata kunci lain sebagai kata-kata alternatif, kita dapat menggunakan antara lain: tesaurus, daftar tajuk subjek, Library of Congress Subject Headings, Sears List Subject Heading, Medical Subject Headings (Bidang Kedokteran dan Kesehatan), Macro Thesaurus (Bidang Ekonomi), dan lain-lain. 

Subjek yang terkait

Gambar 4: Subjek yang terkait dengan topik yang dicari (blood plasma) yaitu chemistry (kimia), cytology (siklus), immunology (imunologi), dan sebagainya
Subjek yang terkait dengan topik yang dicari

Gambar 5: Subjek yang terkait dengan topik yang dicari, dengan hasil yang lebih fokus dan mengerucut

Sebelum melakukan penelusuran terkait kata kunci dari topik yang dimaksud, kita harus mempersiapkan kata kunci, karena kemungkinan kesalahan pemilihan kata kunci juga akan memerlukan waktu lama.

Sumber:

Purnowo. 2008. Strategi Penelusuran Melalui Internet. Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah

http://eprints.rclis.org/12193/1/Strategi_Penelusuran_melalui_Internet.pdf

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *