SDM berbasis Bisnis Digital

bisnis digital

Bisnis digital merupakan bentuk dari transformasi bisnis yang ada dalam perkembangan ekonomi global. Revolusi industri 4.0 dan masa pandemi serta akhirnya mejadi masa era hidup baru atau new normal, segala sektor ditutut bertransformasi untuk dapat bertahan dan beroperasi.

Kondisi seperti ini memaksa SDM dan teknologi yang berbasis bisnis atau e-business untuk menjawab tantangan dan perkembangan kondisi saat ini maupun yang akan datang dalam beroperasi maupun berbisnis.

Perkembangan teknologi dan kondisi yang tidak menentu pastinya membutuhan metode yang fleksibelitas dalam menjalankannya. Untuk itu pembentukan SDM dari sisi hard skill dan soft skill berbasis digital dan internet dibutuhan dalam masa saat ini dan masa yang akan datang untuk dapat berdaya saing dalam segala sektor.

Baca Juga : Pendaftaran Mahasiswa Baru

Perkembangan sektor ekonomi di  Indonesia memasuki era ekonomi merubah model bisnis secara keseluruhan. Ada tiga hal yang mendasar dalam merubah bisnis untuk bertransaksi, yaitu :

  1. Bersifatnya informasi
  2. bersifat financial, dan
  3. bersifat barang dan jasa

Pembelajaran digital dan internet

Bekal pembelajaran yang bersifat digital dan internet menjadikan SDM selalu Up to date terhadap perembangan teknologi. Trend revolusi industri yang selalu berkembang sesuai zaman dan kebutuhan dari masa ke masa. Perkembangan teknologi yang terus maju menuntut untuk tetap selaras menyesuaikan kondisi.

Teknologi dan digitalisasi dalam penerapan bisnis dapat dipahamkan sebagai bentuk upaya untuk diantara : Produksi, promosi, penjualan, dan keuangan.

Segala kemampuan bisnis yang berkompeten di bidang teknologi dan bisnis digital berkualitas, mampu menyelaraskan kebutuhan industri dan bisnis akan banyak diminat untuk mejawab tantangan yang ada. Selain bisa menjadi karyawan maupun entreprenuer bisa menjadikan kesempatan kerja bagi orang lain.

Kontribusi SDM bagi negara

Dengan pembentukan SDM yang memiliki kemampuan hard skill dan soft skill berbasis digital dan internet akan menjadi minat yang cukup menjanjikan untuk menjawab tatangan kebutuhan di era hidup baru atau new normal. Di Indonesia, ekonomi digital semakin berkembang utamanya dalam bidang e-commerce.

Misalnya dengan maraknya transaksi elektronik dalam bertransaksi menggantikan sistem tradisional. Hal ini membuktikan bahwa Indonesia ikut bersaing dalam dunia ekonomi digital.

Industri e-commerce ini tidak semata mata hanya membicarakan tentang jual beli barang dan jasa via internet. Tetapi ada juga hal lain didalamnya seperti penyedia jasa layanan antar penyelenggara jasa telekomunikasi dan lainlain.

Hal-hal tersebut yang menjadikan industri e-commerce harus selalu diawasi agar mampu mendorog laju perekonomian Nasional.

Sumber :

Setiawan, Ahmad Budi, 2018. Revolusi bisnis berbasis platform sebagai penggerak Ekonomi digital di Indonesia. Jurnal Masyarakat Telematika Dan Informasi

Andri Veno

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *