Tips Berkomunikasi dengan Dosen Melalui Smartphone

chatting

Di era transformasi digital seperti saat ini,penggunaan smartphone menjadi salah satu piranti utama untuk berkomunikasi dengan dosen. Namun demikian,tidak sedikit mahasiswa yang mengetahui bagaimana tips berkomunikasi dengan dosen secara benar. Padahal hal tersebut merupakan salah satu wujud etika yang penting untuk diperhatikan dan dimiliki oleh mahasiswa.

“Siang Bu, Mhn sgr dibaca email tugas sy. Sy tunggu revisi dari Ibu”
“Mohon maaf ijin bertanya apakah masih bisa mengumpulkan tugas” 
“Siang Bu sy ingin bertemu ibu besok pkl.09.00 bisa Bu?”

Kalimat-kalimat di atas adalah beberapa contoh dari  percakapan melalui aplikasi pesan smartphone dari mahasiswa kepada dosen. Contoh kalimat-kalimat tersebut menunjukkan bahwa masih banyak mahasiswa yang tidak mengenal tata cara berkomunikasi.

Baca juga : Panduan Langkah Evakuasi Darurat Peringatan Dini Tsunami Dalam Situasi COVID-19

Dosen dapat memberikan penilaian yang buruk bagi mahasiswa yang tidak memiliki etika dalam berkomunikasi. Akibatnya komunikasi tidak dapat berjalan lancar sesuai dengan harapan. Nah, kalian dapat mengikuti tips berkomunikasi dengan dosen melalui berbagai aplikasi pesan maupun media social seperti berikut ini.

1. Waktu yang tepat

Dalam berkomunikasi dengan dosen hendaknya memperhatikan waktu yang tepat. Hal tersebut karena dosen tidak seperti teman yang dapat dihubungi kapanpun sesuai yang kita harapkan. Dosen juga memiliki beragam aktivitas dan kesibukan. Oleh karena itu hindari berkomunikasi dengan dosen di atas jam 20.00, di waktu ibadah, maupun waktu istirahat.

2. Awali dengan salam

Jika berkomunikasi dengan dosen melalui smartphone maka jangan lupa untuk mengucapkan salam terlebih dahulu sebelummasuk ke inti pesan. Adapun contohnya seperti: “Selamat pagi Bapak/Ibu; Assalamualaikum Bapak/Ibu (jika kedua belah pihak Muslim)”.

3. Ucapkan kata maaf

Ucapkan kata permohonan maaf untuk menunjukkan kerendahan hati dan sopan santun, seperti: “Mohon maaf, sudah menggangu waktu Bapak/Ibu”.

4. Perkenalkan Diri

Pastikan kamu selalu memperkenalkan diri terlebih dahulu agar dosen dapat mengenali. Hal tersebut penting dilakukan mengingat dosen menghadapi banyak mahasiswa dan tidak sempat menyimpan semua kontak mahasiswa termasuk yang selama ini sering mengubunginya. Contoh pengaplikasian: “Saya Dewi, mahasiswa prodi TBD Angkatan 6A. Saya salah satu mahasiswi bimbingan  tugas akhir Bapak/Ibu.”

5. Bahasa Formal dan Mudah Dimengerti

Dalam mengirim pesan hendaknya menggunakan bahasa yang baku dan formal yang mudah dimengerti oleh semua orang dan tidak menggunakan bahasa gaul. Sebaiknya hindari penulisan kata yang disingkat seperti:otw, ok,thx, gk dan lain-lain. Di samping itu,hindari menggunakan emoticon yang berlebihan.

6. Jelas dan to the point

Dosen memiliki banyak kesibukan sehingga mahasiswa hendaknya perlu untuk menyampaikan tujuan secara jelas dan to the point serta tidak berbelit-belit. Hal tersebut karena pesan yang berbelit hanya akan membingungkan dosen yang justru dapat mengakibatkan dosen tidak memberikan respon balasan.

7. Tanyakan waktu dosen dan sesuai jadwal dosen

Katika hendak membuat janji dengan dosen, sebaiknya dosen yang menentukan waktu. Jangan sampai mahasiswa yang mematok waktu untuk bertemu. Usahakan mahasiswa mengikuti waktu dosen atau mencoba negosiasi atau lobbying jika ternyata waktu yang diajukan dosen berhalangan dengan jadwal yang dimiliki.

8. Akhiri dengan salam dan terimakasih

Jangan lupa saat mengakhiri pesan dengan ucapan salam dan kata terimakasih sebagai penutup, contohnya seperti: “Terimakasih atas kesedian waktu Bapak/Ibu. Selamat Pagi.”

9. Jangan mengirimkan boom message maupun panggilan

Jika pesan yang telah dikirimkan belum dibalas maka mahasiswa perlu bersabar untuk menunggu. Hal tersebut terjadi karena dimungkinkan dosen sedang ada kendala maupun kesibukan. Jika hal demikian terjadi maka mahasiswa hendaknya menghindari mengirimkan boom message (mengirimkan pesan berulang kali agar cepat dibalas ) maupun melakukan panggilan berulang kali.

10. Sesuaikan Kebijakan Aplikasi yang DIgunakan Dosen

Dosen memiliki beragam kebijakan dalam menggunakan media aplikasi untuk berkomunikasi dengan mahasiswa. Ada yang tidak suka menerima panggilan dari kontak tanpa nama. Jika demikian, mahasiswa sebaiknya menghubungi lewat sms atau wa sebelum memulai telepon.

Demikianlah 10 tips berkomunikasi dengan dosen secara benar. Jangan lupa diaplikasikan yaa…

Vidia

Sumber:

rencanamu.id

news.detik.com

One Reply to “Tips Berkomunikasi dengan Dosen Melalui Smartphone”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *