Pemantauan COVID-19

Apa itu Covid-19??

COVID-19 adalah penyakit menular yang disebabkan oleh virus corona baru. Virus dan penyakit baru ini tidak diketahui oleh manusia sebelum wabah dimulai di Wuhan, Tiongkok, pada bulan Desember 2019.

Sumber : https://www.covid19.go.id/

Gejala Awal

Tanda dan gejala umum infeksi COVID-19 antara lain gejala gangguan pernapasan akut seperti batuk kering, demam ≥38°C, dan sesak napas. Tanda-tanda dan gejala klinis yang dilaporkan pada sebagian besar kasus adalah demam, dengan beberapa kasus mengalami kesulitan bernapas, dan hasil rontgen menunjukkan infiltrat pneumonia luas di kedua paru. Sumber – Kementerian Kesehatan Republik Indonesia

batuk
demam
sesak

Hubungi dokter Anda jika Anda memiliki gejala dan telah melakukan kontak dekat dengan seseorang yang diketahui memiliki COVID-19, atau baru-baru ini bepergian dari daerah dengan penyebaran komunitas COVID-19 yang meluas / berkelanjutan.

Yang Dapat Anda Lakukan untuk Mencegah Penyakit

Saat ini vaksin untuk mencegah infeksi COVID-19 sedang dalam tahap pengembangan/uji coba. Cara terbaik untuk mencegah penyakit adalah menghindari terkena virus ini. Virus ini diperkirakan menyebar terutama:

  • Menyebar melalui tetesan kecil (droplet) dari hidung atau mulut pada saat penderita batuk atau bersin.
  • Atau bisa juga seseorang terinfeksi COVID-19 ketika tanpa sengaja menghirup droplet dari penderita.

Droplet tersebut kemudian jatuh pada benda di sekitarnya. Kemudian jika ada orang lain menyentuh benda yang sudah terkontaminasi dengan droplet tersebut, lalu orang itu menyentuh mata, hidung atau mulut (segitiga wajah), maka orang itu dapat terinfeksi COVID-19. 

Tidak ada batasan usia orang-orang dapat terinfeksi oleh coronavirus ini (COVID-19). Namun orang yang lebih tua, dan orang-orang dengan kondisi medis yang sudah ada sebelumnya (seperti asma, diabetes, penyakit jantung, atau tekanan darah tinggi) tampaknya lebih rentan untuk menderita sakit parah.

Silakan berkonsultasi dengan penyedia layanan kesehatan Anda tentang langkah-langkah tambahan yang dapat Anda ambil untuk melindungi diri.
Open chat
Chat Kami