Kerjasama dengan PMI Kota Surakarta

Akademi Teknologi Bank Darah (AKBARA) Surakarta dan Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Surakarta melakukan penandatanganan Nota Kesepahaman atau MoU tentang pengembangan Tri Dharma Perguruan Tinggi, Jumat (06/03) di Aula PMI Kota Surakarta.

Adapun ruang lingkup nota kesepahaman ini meliputi :

  1. Penyusunan materi dan kurikulum pada program studi pendidikan tinggi yang terkait dengan rumpun ilmu teknologi tranfusi darah dengan mengacu pada Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) dan Standart Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI).
  2. Perancangan model dan kerangka pengembangan ilmu pengetahuan dan sumber daya manusia di bidang teknologi tranfusi darah, berupa pembelajaran berbasis semangat merdeka (pembelajaran daring maupun laring) seperti project based learning.
  3. Pengembangan sistem dan teknologi mengacu pada standar serta aturan yang dikeluarkan oleh pemerintah Republik Indonesia.
  4. Peningkatan kapabilitas dan kapasitas mahasiswa dan dosen melalui program pelatihan berbasis kompetensi yang mengacu pada Standart Pendidikan Nasional.
  5. Pelaksanaan penelitian di bidang teknologi tranfusi darah yang bekerjasama dengan berbagai pihak dalam dan luar negeri dalam domain teknologi tranfusi darah.
  6. Penyelenggaraan proses uji pengetahuan dan uji kompetensi bagi para mahasiswa yang ditandai dengan diberikannya sertifikat kompetensi maupun surat keterangan pendamping ijazah sebagai bentuk pengakuan formal.
  7. Pelayanan kesehatan masyarakat dan kesehatan komunitas sekitar melalui penyelenggaraan berbagai aktifitas sosial di bidang teknologi tranfusi darah seperti bakti sosial, relawan kemanusiaan berupa membuat leafleat KIE (Komunikasi Informasi dan Edukasi), membantu call-center, screening adanya penyakit.
  8. Pembuatan produk dan layanan inovatif yang dapat memberikan manfaat nyata serta kontribusi posistif bagi masyarakat Indonesia.

Wakil Direktur II DR. Agus Setyo Utomo, SE, M.Si, Ak. CA. A. CPA dalam kesempatan itu mengatakan terimakasih atas kepercayaan yang diberikan oleh PMI Kota Surakarta kepada AKBARA untuk dapat bekerjasama Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu bidang pendidikan, penelitian, pengabdian kepada masyarakat serta bidang lain yang disepakati kedua belah pihak sesuai dengan fungsi dan wewenang masing-masing pihak.

Ketua PMI Kota Surakarta H. Susanto Tjokrosoekarno menuturkan, “Kita dengan AKBARA adalah seperti saudara yang saling bekerjasama dibidang Tri Dharma Perguruan Tinggi untuk berbagai disiplin ilmu karena AKBARA saya anggap salah satu perguruan tinggi terbaik di Indonesia dalam menyediakan SDM di Bidang Pelayanan Darah. Saya optimis  kerjasama ini dapat berjalan dengan baik dan memberikan  manfaat bagi semua pihak” ungkapnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *