Gagal SBMPTN, Jangan Galau

sbmptn

akbara.ac.id, Surakarta – Bagi milenials yang baru lulus Sekolah Menengah Atas (SMA) pastinya menginginkan melanjutkan kuliah, dan lulus Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dan (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri) SBMPTN merupakan impian bagi setiap orang.

Namun ketatnya persaingan yang terjadi saat tes masuk SBMPTN membuat banyak peserta kecewa karena tidak lolos kriteria kelulusan.

Buat yang gagal SBMPTN janganlah berkecil hati dan berputus asa,  karena tidak lolos SBMPTN sekali itu bukan berarti seterusnya kita akan gagal juga.  Kita masih bisa memiliki kesempatan lain.

Jangan terus menyalahkan diri sendiri dan menjadi galau. Masih banyak hal positif yang dapat kita lakukan ketika kita gagal masuk SBMPTN.

Baca juga : Pendaftaran Mahasiswa Baru Politeknik AKBARA Surakarta

kuliah di akbara
Apel Pagi di Kampus Politeknik AKBARA Surakarta

Latihan Soal Mandiri

Persiapkan materi pembelajaran yang menunjang seperti Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Pelajaran Saintek dan SosHum. Lakukan pendalaman materi yang berorientasi pada konsep agar betul-betul menguasai materi secara lebih mendetail.

Kalian dapat juga mencoba mengerjakan soal-soal SBMPTN tahun lalu,  kemudian evaluasi persiapan ujian kalian. Sebaiknya berlatih dengan menggunakan file hard copy agar tidak terganggu dengan notifikasi yang ada di handphone kalian.

Mengikuti Pelatihan/Kursus

Banyak hal positif yang dapat dilakukan ketika gagal SBMPTN, salah satunya yaitu dengan mengikuti Pelatihan/Kursus untuk menambah pengetahuan. Seperti Kursus memasak, make up, komputer dan design, bahasa, dll sesuai dengan minat kalian.

Selain untuk mengisi waktu, kegiatan ini dapat mengupgrade skill kalian sesuai dengan passion yang kamu miliki dan bisa menjadi investasi untuk masa depan kalian.

Mendaftarkan diri ke Perguruan Tinggi Swasta (PTS)

Jika kalian tidak bisa masuk PTN jangan khawatir kesempatan masih terbuka lebar. Perlu kalian ketahui bahwa Perguruan Tinggi Negeri (PTN) bukanlah satu-satunya pilihan bagi kalian untuk melanjutkan pendidikan di Perguruan Tinggi yang berkualitas.

Perguruan Tinggi Swasta (PTS) di Indonesia juga banyak yang berkualitas dan tidak kalah dengan PTN.

Jika kalian gagal dalam SBMPTN, jangan galau cobalah mencari PTS yang cocok dengan kalian. Banyak juga PTS sekarang yang memiliki jurusan yang bagus dan berkualitas.

Salah satu Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang dapat kamu pilih yaitu Politeknik Akbara Surakarta.

Politeknik Akbara Surakarta bertujuan untuk menghasilkan lulusan profesional yang berkompeten, tangguh dan berkarakter serta memiliki wawasan kebangsaan dan menjunjung nilai-nilai kemanusiaan.

Politeknik Akbara Surakarta mememiliki 3 Prodi, yaitu D3 Teknologi Bank Darah, D4 Bisnis Digital, D4 Manajemen Penanggulangan Bencana.

gedung kampus
Gedung Kampus Politeknik AKBARA Surakarta

Nah, ini guys ketiga hal yang dapat kalian lakukan jika gagal dalam SBMPTN, Kalian bisa bebas memilih hal apa yang cocok bagi kalian selama yang dilakukan adalah hal yang positif.

Pendidikan dapat diperoleh dari mana saja tidak melulu harus di Perguruan Tinggi Negeri. Jangan patah semangat, jika gagal dicoba terus sampai bisa yakin pasti ada kebahagiaan setelah kesedihan.

(Gita)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *